Multi khasiat dari madu

Madu dalam Al-Qur’an (Q.S. An-Nahl: 69):
“…. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. ….”

Madu dalam al-hadits:
Rasulullah bersabda: “Kesembuhan ada pada tiga hal: minum madu, goresan pembekam, dan pengobatan dengan kay (besi yang dipanaskan). Aku melarang matku dari pengobatan dengan kay.” (H.R. Bukhari)
Madu Mahkota Honey diambil dari hutan liar dan dari orang-orang yang terpercaya sehingga terjamin keasliannya.

KHASIAT MADU

A. Sebagai Antimikroba
Sejumlah laboratorium menunjukkan bahwa madu mempunyai spesifikasi kandungan antimikroba. Selain itu, terbukti pula bahwa madu mempunyai kemampuan membasmi sejumlah bakteri diantaranya bakteri Gram negatif dan Gram positif. Dr. Dixon dalam Majalah Dis Lancet Infect, Februari 2003 M, menegaskan adanya kekuatan besar di dalam madu yang mampu mengalahkan bakteri, hingga bakteri-bakteri tidak mampu bertahan dihadapan madu.
B. Sebagai Antikanker
Dr. Zakaria Al-Khayyath, guru besar ilmu pengetahuan medis di Pusat Riset Nasional Mesir menjelaskan bahwa unsure zink dalam madu mempunyai peranan penting dalam melawan sel-sel kanker. Madu juga memiliki banyak anti oksidan.
C. Sebagai Antipendarahan
Dalam riset yang diterbitkan dalam Jurnal Organisasi Kedokteran Laboratorium milik Universitas Minnesota, Amerika Serikat, Dr. Vivino Dr. Hidack, dan Dr. Palmer menemukan fakta bahwa pembekuan darah di dalam tubuh tikus-tikus percobaan yang mengonsumsi madu dalam makanan mereka ternyata sangat tinggi. Hal tersebut telah mendorong Dr. Vivino bersama rekan-rekannya untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam seputar efek anti pendarahan yang dimiliki madu.
D. Mengobati Luka
Peradaban Mesir kuno memiliki resep dalam mengobati luka dengan cara membalut luka dengan perban yang dilumuri madu.
Hasil uji coba ahli bedah Inggris, Dr. Michael Pulman, dari Rumah Sakit Norfolk-Norweg di Inggris, madu berhasil mengobati luka pascaoperasi amputasi payudara akibat kanker.
E. Kecantikan
Madu memberi nutrisi pada kulit, mencerahkan kulit, menjaga kelembutannya serta menjaga dari mikroba.

ATURAN MINUM
• Untuk kesehatan: 3x sehari 1 sendok makan
• Untuk pengobatan: 2-6 sendok makan/hari sesuai dengan jenis penyakit.
• Bagi olahragawan pekerja keras: minum 1 sendok makan sebelum dan sesudah beraktifitas.
WARNA DAN RASA MADU
Warna madu beragam, mulai dari kuning jernih, bening seperti air (madu lobak), coklat, hingga hitam pekat. Rasanyapun beragam, ada yang manis murni, manis agak asam, manis kepahit-pahitan. Warna dan rasa madu dipengaruhi oleh jenis bunga/nectar yang dihisap oleh lebah. Madu mengandung bahan tertentu sehingga mempunyai sifat kental. Namun ada jenis madu yang kurang kental, yaitu madu Heather.
MENGUJI MADU ASLI
Ada beberapa cara menguji keaslian madu:
• Masukkan potongan ikan mentah ke dalam toples dan rendam dengan madu. Setelah 2 minggu potongan ikan tersebut akan menciut/susut dari bentuk aslinya dan tidak membusuk. Jika tidak menciut (masih dalam bentuk semula) dan mengeluarkan bau menyengat maka madu tersebut palsu.
• Madu asli tidak membeku saat di simpan dalam freezer, hanya mengental dan tidak memadat (keras) seperti es batu.
• Madu dapat dikatakan asli apabila bagian belerang korek api tetap dapat menyala setelah dioles madu meskipun tenggang waktunya lama (lebih dari satu jam).
• Madu asli akan mengkristal/menggumpal berbiji-biji setelah diaduk dengan kuning telur.
Akan lebih akurat jika dilakukan pengujian di laboratorium.
Wallahu A’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.